SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERNTAHAN DESA SEBANGAR * Selamat Hari Juang TNI AD * PKK sebangar berhasil membawa pulang 5 piala dari perlombaan yaitu : Juara 1 lomba expose ketua PKK Juara 1 lomba fashion show bahan daur ulang Juara 2 lomba menu cipta B2sa Juara 2 Lomba yel yel Juara 3 Penyuluhan Stunting 5 piala tersebut berhasil mengantarkan TP PKK sebangar menjadi Juara umum pada perhelatan Jambore untuk perlombaan dalam rangka Hari Ibu Harapan 1 lomba PMT anak Stunting *Selamat untuk Tim Volly Putri Sebangar masuk ke babak final * Saksikan laga volly Sebangar Bermasa cup semi final putra antara Bumbung Vs karang taruna air kulim hari ini jam 16.00 Wib di lapangan Desa Sebangar * Saksikan laga volly Sebangar Bermasa cup semi final putra antara Boncah Mahang Vs Simpang Padang hari ini jam 16.00 Wib di lapangan Desa Sebangar * Selamat kepada Tim Volly putri Sebangar dan simpang pang yang berhasil melaju ke final dalam laga Sebangar Bermasa Cup * Pemdes Sebangar mengucapkan Taniah Kepada Bapak Edy Natar yang dilantik sebagai Gubenur Riau * Pemdes Sebangarmengucapakan selamat hari guru Nasional ke 78. * selamat kepada Kabupaten bengkalis yang telah menjadi juara umum Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) * Pemerintah Desa Sebangar Mengucapkan selamat hari Pahlawan 10 November 2023 * Bupati Kasmarni: Sang Harimau Pesisir * Pemerintah Desa Sebangar Mengucapkan Dirgahayu TNI indonesia ke 78* PEMERINTAH DESA SEBANGAR MENUCAPKAN SELAMAT MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW 12 RABIULAWAL 1445H *

Artikel

Ditinjau KI dan Sekda Bengkalis, Sebangar Wakili Riau Dalam Apresiasi Desa Transparansi

26 Juni 2021 13:47:07  Administrator  413 Kali Dibaca  Berita Desa
DESASEBANGAR.COM, BATHIN SOLAPAN - Desa Sebangar Kabupaten Bengkalis diusulkan mengikuti Apresiasi Desa dalam implementasi keterbukaan informasi publik. Sebangar, Desa yang terletak di Kecamatan Bathin Solapan dinilai memenuhi syarat untuk mewakili Provinsi Riau dalam pemilihan Desa Transparansi tingkat nasional. 
 
Hal itu terungkap ketika Tim Komisi Informasi (KI) Riau yang dipimpin Ketua KI Zufra Irwan mengunjungi  Desa Sebangar bersama Sekda Bengkalis Drs H Bustami HY, Jumat (26/6/2021) siang.  
 
Pengusulan Desa Sebangar mengikuti Apresiasi Desa tingkat nasional menurut Zufra Irwan setelah pihaknya mengamatinya selama tiga tahun terakhir dalam mengimplementasikan Undang-undang nomor 14 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Desa Sebangar, tercatat sebagai satu-satunya desa yang telah memiliki Perdes tentang Tata Kelola Layanan Informasi Publik. 
 
Selain itu perhatian Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang sangat besar terhadap pelaksanaan keterbukaan informasi publik desa-desanya juga menjadi penilaian tersendiri bagi KI Riau dalam menetapkan desa setempat sebagai wakil Riau di tingkat nasional. Seperti diketahui, Pemkab Bengkalis telah mengalokasikan anggarannya untuk  operasional Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) desa-desa di Bengkalis. 
 
"Ini yang mendasari Komisi Informasi Riau mengusulkan Desa Sebangar sebagai wakil Provinsi Riau untuk kegiatan Apresiasi Desa tingkat nasional," kata Zufra dalam penjelasannya di hadapan Sekdakab Bengkalis Drs H Bustami HY, Camat Bathin Solapan Wahyudi, Kepala Desa Sebangsr Ahmad Syuhada, AM dan segenap aparatur Pemdes Sebangir, di kantor desa setempat, Jumat (25/6/2021) petang.
 
Menurut Zufra, Pemdes Sebangar perlu untuk melakukan pembenahan terhadap PPID-nya sebelum nanti tim monitoring dan evaluasi (monev) dari Komisi Informasi Pusat dan Kemendes datang untuk melakukan penilaian yang diperkirakan pada Agustus mendatang. 
 
Mulai dari desk layanan informasi publik, daftar informasi publik serta standar operasional prosedur (SOP) PPID Utama Desa Sebangar mesti lebih disempurnakan. Termasuk website Desa Sebangir diharapkan lebih banyak memuat informasi-informasi publik yang dibutuhkan masyarakat. 
 
"Pedomani Sistem Layanan Informasi Publik Desa (SlipDesa) untuk menyempurnakannya. Insha Allah dan mudah-mudahan Desa Sebangar dapat mengharumkan nama Bengkalis dan Riau di pentas nasional, khususnya dalam implementasi Keterbukaan Informasi Publik," harap Zufra didampingi Komisioner Bidang ASE, Alnofrizal dan dua Asisten Ahli KI Riau, Robby Hidayat,SH,MH, dan Donny.
 
Harapan yang sama juga disampaikan Sekda Bengkalis Bustami pada kesempatan kunjungan ke desa Sebangar tersebut. Mantan Pelaksana Harian (PLh) Bupati Bengkalis ini tampak sangat antusias untuk mendorong Desa Sebangar agar bisa meraih status Desa Transparansi Tingkat Nasional tersebut. 
 
"Persiapkan sebaik-baiknya apa yang disampaikan Pak Ketua (Komisi Informasi Riau) tadi. Dinas terkait, Diskominfo dan DPMD Bengkalis, bantu Pak Kades untuk mempersiapkannya," ujar Sekda Bustami.
 
Bersama Tim Komisi Informasi Riau, Sekda Bustami kemudian berdiskusi dengan Kades Sebangar, Camat Bathin Solapan dan Kabid PPIP Diskominfotik Mohd Elkhusair,ST untuk pembenahan PPID desa tersebut.(rls)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Desa

Aduan Warga

Arsip Artikel

06 Mei 2021 | 132.398 Kali
Profil Desa
06 Mei 2021 | 132.396 Kali
Data Desa
06 Mei 2021 | 132.395 Kali
Visi dan Misi
06 Mei 2021 | 132.395 Kali
Sejarah Desa
06 Mei 2021 | 131.720 Kali
SOP Layanan Informasi
06 Mei 2021 | 131.720 Kali
Regulasi PPID
06 Mei 2021 | 131.720 Kali
Tugas dan Fungsi PPID

Aparatur Desa

Back Next

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jln.Lintas Duri Dumai KM.18
Desa : Sebangar
Kecamatan : Bathin Solapan
Kabupaten : Bengkalis
Kodepos : 28784
Telepon : 08117514776
Email : desasebangar2018@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:268
    Kemarin:1.030
    Total Pengunjung:206.055
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.118.120.109
    Browser:Tidak ditemukan